Membuat Tabel Dengan Navicat

1. Pertama tentukan pada database mana tabel akan dibuat, misal tabel akan dibuat pada database kspkelas. Maka open kspkelas dengan klik dua kali pada database tersebut. Setelah databse kspkelas sudah dibuka, klik bagian table, kemudian klik kanan pada bagian sebelah kanan, dan pilih menu New Table, maka akan muncul form New Table

buattabel1

buattabel2

2. Ketikan kolom-kolom pada tabel baru yang akan dibuat. Kolom tabel terdiri dari beberapa bagian, seperti Nama kolom (Name), Tipe kolom (Type), dan panjang kolom (Length). Pangjang kolom tidak perlu diisi untuk kolom dengan tipe Date atau Datetime. Sedangkan untuk tipe kolom Double atau Single, selain isi panjang kolom, decimals juga harus diisi dengan jumlag panjang desimal yang diinginkan. Opsi Not Null untuk menentukan apakah kolom ybs boleh kosong (null) atau tidak.
Berikut penjelasan mengenai beberapa tipe kolom :
Varchar = tipe kolom untuk data teks, panjang kolom (length) harus diisi dengan jumlah karakter/huruf yang dapat disimpan oleh kolom yang bersangkuran
Double = tipe kolom untuk data angka yang dapat memiliki desimal, untuk tipe ini panjang kolom dan jumlah desimal harus diisi
Date = tipe kolom untuk data tanggal, untuk tipe kolom ini panjang kolom tidak perlu diisi. Format data tanggal yang disimpan adalah yyyy-mm-dd (y=tahun, m=bulan, d=tanggal)
Datetime = tipe kolom untuk data tanggal dan jam. Format data tanggal dan jam yang akan disimpan adalah yyyy-mm-dd HH:MM:ss (H=Jam, M=menit, s=detik)

buattabel3

3. Selanjutnya akan dibahas mengenai Index. Index digunakan untuk menentukan kolom kunci pada tabel yang berfungsi mempercepat proses menampilkan data pada penggunaan perintah SQL. Tentukan nama index, kemudian pilih kolom yang akan diindex, dengan cara mencentang pada kolom tersebut. Untuk satu index dapat terdiri dari beberapa kolom. Untuk index type umum nya hanya dua type yang digunakan Unique atau Normal.
Unique = data pada kolom dengan tipe index maka data pada kolom tersebut tidak boleh sama
Normal = data pada kolom dengan tipe index maka data pada kolom tersebut boleh sama

buattabel4buattabel5

4. Selanjutnya untuk menyimpan tabel yang dibuat dengan klik tombol Save, maka akan muncul form Table Name. Ketik nama tabel pada kolom Enter table name, lalu klik OK. Maka pada daftar tabel akan muncul tabel baru yang dibuat tadi.

buattabel6buattabel7

Klik : DETAIL…!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s