Entri Data Barang Pada Aplikasi Mini Market+

Entri Data Barang Pada Aplikasi Mini Market+

Entri Data Barang Pada Aplikasi Mini Market+, dapat dilakukan dengan langkah sbb :
1. Pertama Entri Data Kategori Barang pada menu Gudang > Kategori.

2. Berikutnya Entri Data Satuan Barang pada menu Gudang > Satuan. Data Satuan yang dientri mulai dari Satuan Terbesar sampai Satuan Terkecil, karena pada Aplikasi Mini Market+ dapat dilakukan Penjualan Barang Multi Satuan, dengan Sistem Konversi Satuan dan Harga Jual Otomatis.

3. Saat Entri Data Barang perlu menentukan Harga Jual Kelompok, untuk itu Entri Data Kelompok Harga Jual terlebih dahulu pada menu Penjualan > Kelompok.

4. Entri Data Barang dapat menggunakan menu Gudang > Barang. Isi semua kolom yang tersedia, untuk Entri Data pada Tabel selalu diakhiri Enter, seperti Entri Harga Jual Kelompok.

5. Berikutnya pada menu Barang dapat mengentri Konversi Satuan yang terkait dengan Barang tersebut, dengan klik tombol + pada Tabel Konversi Satuan.

6. Kemudian Harga Jual Barang Bertingkat berdasarkan Kuantitas Penjualan, dapat dientri dengan klik tombol + pada Tabel Harga Jual Bertingkat. Tentukan Satuan serta Kuantitas Minimal dan Maksimal, kemudian tentukan Harga Jual Default dan Harga jual Kelompoknya.

7. Untuk mengentri Harga Jual Barang Bertingkat, diperlukan beberapa Data agar sesuai dengan kemungkinan Kuantitas Penjualan yang dapat terjadi.

8. Setelah semua Data Barang telah diisi dengan benar, klik tombol Simpan untuk menyimpan Data Barang.

9. Harga Jual Bertingkat selain data dientri apda menu Barang, dapat juga dientri pada menu Gudang > Harga Jual.

10. Pada Harga Jual Beritngkat selain Harga Jual berdasar Kuantitas, dapat juga Harga Jual berdasarkan Satuan Barang.

11. Konversi Satuan dapat juga dientri melalui menu Gudang > Konversi Satuan.

12. Untuk menguji Harga Jual Barang dapat menggunakan menu Penjualan > Penjualan. Apabila Kuantitas tidak terdapat pada Harga Jual bertingkat, maka Harga Jual Barang Default yang akan digunakan.

13. Saat Kuantitas dirubah dan terdapat pada Harga Jual Bertingkat, maka Harga Jual bertingkat akan digunakan.

14. Apabila Satuan Barang dirubah menjadi Satuan terkecil, maka Stok Barang dan Harga Jual akan dikonversi sesuai Data Konversi Satuan yang ada.

15. Untuk menggunakan Harga Jual Kelompok, Entri Data Pelanggan terlebih dahulu pada menu Penjualan > Pelanggan. Pada kolom Kelompok diset pada Grosir2 misalnya.

16. Kemudian saat Entri Penjualan, tentukan terlebih dahulu Data Pelanggan, dengan klik tombol pada kolom Pelanggan, maka Daftar Pelanggan akan ditampilkan.

17. Sehingga saat Entri Data Barang, Harga Jual yang akan digunakan adalah Harga Jual kelompok sesuai dengan Kelompok Data Pelanggan yang ditentukan diawal.

18. Saat Satuan Barang dirubah menjadi Satuan Terkecil, maka Harga Jual kelompok Bertingkat yang akan digunakan.

19. Tentukan Data Transaksi Penjualan kemudian Simpan Transaksi Penjualan, maka Stok barang akan berkurang. Apabila Satuan pada Transaksi Penjualan berbeda dengan Satuan Default pada menu Barang, maka Stok yang berkurang akan dikonversi secara otomatis.

20. Stok Barang yang berkurang dari Transaksi Penjualan diatas, dapat dilihat pada menu Gudang > Laporan > Kartu Stok.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s