Entri Pesanan Penjualan Pada Aplikasi Percetakan

RaRa SOFT Kotabumi …

Entri Pesanan Penjualan Pada Aplikasi Percetakan

Entri Pesanan Penjualan Pada Aplikasi Percetakan, dapat dilakukan dengan langkah sbb :
1. Diawal Entri Data Barang dengan klik pada menu Gudang > Barang.

2. Juga Entri Data Jasa dengan klik menu Penjualan > Jasa.

3. Berikutnya Entri Data Produk pada menu Gudang > Produk.

4. Selanjutnya Entri Pesanan Penjualan dapat menggunakan menu Penjualan > Pesanan. Setelah klik tombol Tambah, tentukan Data Pelanggan dengan klik tombol pada kolom Pelanggan, maka Daftar Pelanggan akan ditampilkan.

5. Kemudian Entri Data Produk dengan klik tombol pada kolom Produk, maka Daftar Produk akan ditampilkan.

6. Data Barang yang diperlukan untuk membuat Produk dapat dientri pada Bagian Bahan Baku. Ketik Kode Barang pada kolom Kode atau klik tombol B untuk menampilkan Daftar Barang.

7. Tentukan juga Designer yang akan mengerjakan Pesanan Penjualan ini. Klik Tab Designer, lalu klik tombol +, maka Daftar Karyawan akan ditampilkan.

8. Dokumen yang terkait dengan Pesanan ini juga dapat dientri dengan klik Tab Dokumen, lalu klik tombol +. Selanjutnya tentukan Nama dan Lokasi Dokumen disimpan. Data Dokumen yang akan disimpan pada Database nantinya hanya Nama dan Lokasi File Dokumen. Karena File Dokumen hanya akan disimpan di Harddisk Komputer, tanpa disimpan ke dalam Database.

9. Setelah klik tombol Simpan, maka Data Dokumen berupa Nama dan Lokasinya akan ditampilkan pada Tabel Dokumen.

10. Setelah semua Data Pesanan telah dientri, klik tombol Simpan untuk menyimpan Transaksi Pesanan Penjualan.

11. Berikutnya pengaturan pada tahapan Proses Pesanan Penjualan. Data Tahapan Proses dapat diatur terlebih dahulu dengan klik menu Penjualan > Proses > Proses. Pada Proses perlu menentukan Kode, Nama, dan Warna Proses. Warna Proses ini nantinya dapat dilihat pada menu Proses Pesanan.

12. Kemudian klik menu Penjualan > Proses > Proses Pesanan untuk menentukan Status Pesanan Penjualan. Pertama lakukan Filter Data Pesanan yang akan ditampilkan, kemudian pengaturan proses dapat dengan klik pada kolom Proses, maka Opsi Proses yang ada akan ditampilkan. Setiap memilih Opsi Proses akhiri dengan tekan tombol Enter.

13. Saat tombol Enter ditekan, maka Proses Pesanan akan otomatis diupdate Status Prosesnya. Untuk melihat Efek Warna dapat klik ulang tombol Filter.

14. Pada menu Proses Pesanan dapat juga dilakukan Entri Dokumen yang terkait dengan Pesanan. Dengan klik Data Pesanan yang diinginkan, lalu klik tombol Dokumen. Maka Form Dokumen akan ditampilkan, pada Form ini dapat dilakukan Tambah, Edit, Hapus, Tampil Dokumen.

15. Selanjutnya untuk membuat Transaksi Penjualan dari Pesanan yang ada, dapat klik menu Penjualan > Penjualan. Setelah klik tombol Tambah, tentukan Data Pelanggan dengan klik tombol pada kolom Pelanggan, maka Daftar Pelanggan akan ditampilkan.

16. Untuk menentukan Data Pesanan dapat klik tombol + pada Tabel Pesanan, maka Daftar Pesanan yang terkait dengan Pelanggan ybs akan ditampilkan.

17. Setelah semua Data Penjualan selesai dientri, klik tombol Simpan untuk menyimpan Transaksi Penjualan.

18. Faktur Penjualan dapat dicetak dengan pilih Opsi Faktur terlebih dahulu, lalu klik tombol Cetak.

19. Pembayaran Tunai dari Transaksi Penjualan diatas akan berpengaruh pada Laporan Kas, yang dapat dilhat dengan klik menu Keuangan > Laporan > Laporan Kas.

20. Jurnal Otomatis dari Transaksi Penjualan dapat dilihat pada menu Accounting > Jurnal Umum, lalu Edit Data Jurnal yang terkait.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s