Transaksi Jual Beli Perhiasan Pada Aplikasi Toko Emas

RaRa Software Kotabumi…

Transaksi Jual Beli Perhiasan Pada Aplikasi Toko Emas

Transaksi Jual Beli Perhiasan Pada Aplikasi Toko Emas, dapat dilakukan dengan langkah sbb :
1. Pertama Entri Transaksi Penjualan dilakukan menggunakan menu Penjualan > Penjualan. Setelah klik Tambah, klik tombol B pada kolom Kode Barang untuk menampilkan Daftar Stok Barang.

2. Setelah menentukan Barang yang terjual, tentukan juga Berat Jual, Harga, Potongan, serta Diskon.

3. Apabila Pelanggan ingin menukar Perhiasan yang dipunya, Data Perhiasan yang ditukar dapat dientri di bagian Tukar/Beli. Apabila Barang yang ditukar bukan Barang yang dibeli dari Toko, maka klik tombol pada kolom Kode Barang, dan tentukan Kode Barang Tukar.

4. Setelah menentukan Kode Barang yang ditukar, tentukan Berat Barang pada kolom Berat Kembali. Karena Berat Barang yang ditukar lebih kecil dari Barang yang dibeli, maka Kolom Tukar diisi sama dengan Berat Kembali. Tentukan Harga Tukar Barang, apabila terdapat Potongan isi pada kolom Potongan.

5. Setelah Pembayaran telah ditentukan, klik tombol Simpan untuk menyimpan Transaksi Penjualan.

6. Klik tombol Cetak untuk mencetak Faktur Penjualan.

7. Barang yang ditukar pada Transaksi Penjualan akan masuk kedalam Stok Barang, yang dapat dilihat dengan klik menu Gudang > Laporan > Kartu Stok.

8. Untuk melihat Jurnal Otomatis dari Transaksi Penjualan diatas, klik menu Accounting > Jurnal Umum, lalu Edit Data Jurnal yang terkait.

Tinggalkan komentar